-->
skip to main content

Cara Setting Dan Menggunakan VPN Di Android Dengan Mudah

Ditulis Oleh Pada
loading...
Apakah anda belum tahu atau masih bingung bagaimana cara setting dan menggunakan vpn di android anda? Pada postingan yang sebelumnya, saya telah membahas tentang bagaimana cara menggunakan vpn di windows 7 dan windows 8. Apakah anda tahu bahwa ponsel android juga mendukung VPN ? jika Anda memiliki ponsel android atau tablet, Anda dapat dengan mudah terhubung ke VPN (Menggunakan VPN Di Android).

VPN di Android memiliki berbagai kegunaan, misalnya mendownload aplikasi yang tidak tersedia di negara anda, mengenkripsi browsing Anda pada Wi-Fi publik, atau hanya menghubungkan ke jaringan perusahaan saat anda berada di perjalanan atau bisa juga digunakan untuk membuka situs yang diblokir oleh penyedia layanan internet anda.

Ada dua Cara setting dan Menggunakan VPN Di Android kesayangan anda.

  1. Cara pertama adalah langsung menggunakan aplikasi android (yang ada di google playstore) yang sememangnya sudah diberikan oleh pihak ketiga (misalnya openvpn) yang memberikan layanan server VPN (baik itu yang gratis maupun yang berbayar).
  2. Cara yang kedua adalah dengan melakukan pengaturan secara manual di android anda (cara ini dilakukan apabila pihak penyedia layanan VPN tidak mempunyai aplikasi android untuk terhubung ke server mereka).

Cara Setting dan Menggunakan VPN Di Android dengan Jaringan Openvpn dan aplikasi VPN android


Android tidak mencakup untuk dukungan terintegrasi untuk server OpenVPN. Jika Anda menggunakan jaringan OpenVPN, Anda akan perlu menginstal aplikasi dari pihak ketiga. OpenVPN Connect - aplikasi resmi OpenVPN ini, bekerja pada Android 4.0 dan yang lebih tinggi dan tidak memerlukan root. Untuk tersambung ke jaringan OpenVPN pada perangkat yang menjalankan Android 2.3 atau yang lebih rendah, Maka anda perlu untuk melakukan root terlebih dahulu pada perangkat android anda.

Cara Setting dan Menggunakan VPN Di Android a

Tergantung pada VPN apa yang anda gunakan, Anda mungkin memerlukan aplikasi VPN android yang berdedikasi untuk VPN akan tetapi bukan dukungan VPN yang terintegrasi langsung di perangkat android. Misalnya, TunnelBear menawarkan sebuah aplikasi Android yang menangani koneksi VPN TunnelBear.

Cara Setting dan Menggunakan VPN Di Android b

Cara Setting dan Menggunakan VPN Di Android Secara Manual


Android telah terintegrasi dukungan untuk PPTP dan L2TP VPN. Anda dapat terhubung ke jenis VPN tanpa menginstal aplikasi pihak ketiga.

Untuk menyambung ke VPN di android yang kompatibel, buka "Settings" dan klik "More" yang ada di bawah layar "Wireless & networks". (Pada Android 2.3, langsung saja klik "Wireless & networks")

Cara setting dan Menggunakan VPN Di Android c

Tekan pilihan "VPN" pada layar "Wireless & networks". (Pada Android 2.3, klik "VPN Setting")

Cara setting dan Menggunakan VPN Di Android d

Tekan tombol + dan masukkan rincian VPN anda. Masukkan nama VPN anda di "Name" untuk membantu Anda mengingat yang VPN anda bikin (untuk membedakan VPN satu dengan yang lainnya jika anda membuat banyak VPN di dalam perangkat android anda), dan kemudian pilih jenis protokol VPN di "Type" (PPTP atau yang lainnya, ini tergantung vpn mana yang anda pakai), dan masukkan alamat server VPN di "Server Addres" (baik alamat seperti vpn.example.com atau alamat IP yang berupa angka-angka) .(Sedangkan Pada Android 2.3, klik "Add VPN" kemudian pilih jenis protokol VPN yang anda pakai seperti PPTP atau L2TP dan kemudian masukkan nama vpn di di "VPN Name" serta masukkan alamat server VPN di "Set VPN server" ,setelah itu tekan tombol menu dan klik "Save")

Cara setting dan Menggunakan VPN Di Android e

klik VPN yang telah dikonfigurasi untuk segera terhubung ke server VPN anda. Anda dapat memiliki beberapa server VPN yang telah dkonfigurasi di perangkat android anda dan beralih di antara mereka dari layar VPN.

Anda akan membutuhkan username dan password VPN ketika Anda menghubungkan android anda dengan server VPN. Namun, Anda dapat menyimpan informasi akun tersebut untuk waktu berikutnya.

Cara setting dan Menggunakan VPN Di Android f

Sewaktu tersambung ke server VPN, Anda akan melihat terus-menerus notifikasi "VPN Activated" di atas layar android anda . Untuk memutuskan sambungan VPN, tekan notifikasi dan klik "Disconnect".

Cara setting dan Menggunakan VPN Di Android g

Selalu Aktif Modus VPN Di Android


Android 4.2 memiliki pilihan untuk mengaktifkan selalu VPN nya. Bila opsi ini diaktifkan, Android tidak akan memungkinkan mengirim atau menerima data yang akan dikirim kecuali atas VPN. Hal ini dapat berguna jika Anda menggunakan Wi-Fi publik dan anda ingin memastikan bahwa selalu menggunakan VPN.Untuk mengaktifkan opsi ini, Anda harus terlebih dulu menyambung ke VPN dan menyimpan informasi account Anda. Anda kemudian akan menemukan pilihan di bawah tombol menu.

Cara setting dan Menggunakan VPN Di Android h

Sekali lagi, fitur ini hanya ditawarkan di Android 4.2, sehingga Anda tidak akan melihatnya jika smartphone atau tablet menggunakan versi lama dari Android.

Demikian info dari saya mengenai Cara Setting dan Menggunakan VPN Di Android dengan mudah , baik itu yang menggunakan aplikasi pihak ketiga maupun yang secara manual.Semoga bisa bermanfaat bagi semuanya.
loading...
×
loading...