-->
skip to main content

Cara Menggunakan VPN Di Windows 7 Dan Windows 8

Ditulis Oleh Pada
loading...
Apakah anda sudah tahu bagaimanakah Cara menggunakan VPN di windows 7 dan windows 8 ? bagi anda yang belum tahu ,jangan khawatir.Pada kesempatan kali ini akan saya bahas mengenai Cara menggunakan VPN di windows 7 dan windows 8 secara mudah tentunya (karena sudah saya lengkapi dengan gambar).

Menghubungkan komputer windows anda sendiri ke server VPN sebenarnya sangat mudah sekali.Karena sebagian besar komputer yang berbasiskan OS windows sudah dilengkapi dengan fitur konek ke server VPN ini, mungkin anda saja yang belum tahu tentang hal tersebut.Oh ya,Sebelum anda menghubungkan  komputer windows ke server VPN ,Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan , diantaranya :

  1. Beberapa penyedia VPN (baik itu yang gratis maupun yang berbayar) menawarkan aplikasi klien VPN desktop mereka sendiri, yang berarti Anda tidak perlu proses setup manual yang akan saya bahas kali ini. Misalnya, Openvpn, TunnelBear dan proXPN keduanya menawarkan aplikasi desktop mereka sendiri untuk menghubungkan ke VPN mereka dan anda bebas memilih lokasi server VPN nya.Namun apabila mereka tidak menawarkan aplikasi mereka sendiri maka terpaksa kita harus menghubungkan komputer ke server vpn dengan cara manual seperti yang akan saya bahas dibawah ini.
  2. Setiap penyedia vpn baik itu yang gratis maupun yang berbayar, selalu memberikan 3 informasi wajib sebelum anda menggunakannya di perangkat anda.apa saja informasi tersebut ?
    • Alamat server vpn ( host server ) misalnya vpn.contoh.com atau berupa alamat ip 456.346.234.
    • Username untuk login ke server vpn.
    • Password untuk login ke server vpn.
      Apabila salah satu dari ketiga syarat diatas tidak ada maka tutorial Cara Menggunakan VPN Di Windows 7 Dan Windows 8 kali ini tidak akan berhasil.

Cara Menggunakan VPN / Setting VPN Di Windows 7


Untuk menyambungkan / menhubungkan windows 7 anda ke server VPN , tekan "Tombol Windows" dan kemudian ketik VPN, dan tekan "Enter". dan pilih "Set up a virtual private network (VPN) connection" seperti yang terlihat di gambar dibawah ini.

Cara Menggunakan VPN Di Windows 7 a

Setelah itu Masukkan alamat server VPN Anda di kotak "Internet Address". Anda dapat memasukkan alamat seperti vpn.example.com atau alamat IP (yang berupa angka). Itu semua tergantung pada informasi server VPN yang diberikan oleh penyedia vpn Anda.

Cara Menggunakan VPN Di Windows 7 b

Jangan lupa,Anda juga harus memasukkan suatu nama di kotak "Destination Name" - ini bisa anda isi dengan nama apa saja yang Anda suka. Ini hanya digunakan untuk membantu Anda mengingat VPN yang telah anda bikin (untuk membedakan antara vpn satu dengan yang lainnya apabila anda memiliki banyak VPN).Setelah itu klik "Next".

Masukkan data login Anda pada jendela yang muncul berikutnya. Gunakan username dan password yang diberikan oleh penyedia VPN Anda .Dan Klik "Connect" .

Cara Menggunakan VPN Di Windows 7 c

Setelah itu Windows akan menghubungkan Anda ke server VPN yang telah anda konfigurasi tersebut. Jika Anda tidak mau menghubungkannya saat itu juga maka jangan lupa untuk centang "Dont Connect Now; just set it up so I can connect later" pada jendela tampilan yang sebelumnya . Dengan cara itu Windows akan menyimpan koneksi VPN anda sehingga anda dapat dengan mudah menghubungkannya nanti.

Cara Menggunakan VPN Di Windows 7 d

Setelah terhubung, Anda dapat mengklik ikon jaringan (network icon) di system tray komputer anda untuk melihat koneksi VPN Anda yang telah terhubung. Saat terhubung ke VPN, semua lalu lintas jaringan Anda akan dikirim melalui vpn tersebut.

Cara Menggunakan VPN Di Windows 7 e

Untuk memutuskan sambungan dari VPN, klik pada VPN yang akan diputuskan satu kali dan klik Disconnect. Anda kemudian dapat menghubungkan kembali VPN kelak nantinya dengan mengklik dan memilih Connect. Anda dapat memiliki beberapa VPN yang telah anda konfigurasi dan beralih di antara mereka dengan cara ini.

Untuk menghapus koneksi VPN yang telah anda simpan, tekan "Tombol Windows", kemudian ketikkan Network Connection pada kotak pencarian dan tekan "Enter". Klik kanan pada koneksi VPN yang akan anda hapus dan klik "Delete".

Cara Menggunakan VPN Di Windows 7 f

Cara Menggunakan VPN / Setting VPN Di Windows 8


Cara untuk Menghubungkan komputer yang menggunakan OS windows 8 ke server VPN adalah hampir sama dengan Windows 7. Tekan "Tombol Windows", ketik VPN, klik "Settings", dan pilih "Set up a virtual private network (VPN) connection" seperti pada windows 7.

Cara Menggunakan VPN Di Windows 8 a

Anda kemudian akan melihat jendela "Create a VPN connection" yang sama pada windows 8 anda seperti yang ada di windows 7. Masukkan alamat server VPN (host) di kotak "Internet Address" dan nama VPN Anda di kotak "Destination Name".Jika sudah selesai klik "Create". Jangan lupa centang "Remember My Credentials" untuk menyimpan data server dan nama VPN yang anda bikin.

Cara Menggunakan VPN Di Windows 8 b

Anda kemudian akan melihat panel jaringan(Network Panel) muncul. Pilih VPN yang telah anda tambahkan tadi dan klik "Connect".

Cara Menggunakan VPN Di Windows 8 c

Masukkan data login (username dan password) VPN Anda dan kemudian klik "Ok" untuk segera terhubung ke server VPN.

Cara Menggunakan VPN Di Windows 8 d

Untuk mengakses panel Jaringan di masa depan, klik ikon jaringan di system tray atau buka charms bar, pilih "Settings", dan pilih "Network".

Cara Menggunakan VPN Di Windows 8 e

Untuk menghubungkan atau memutuskan sambungan dari server VPN, pilih pada panel jaringan dan gunakan tombol Connect atau Disconnet.

Untuk menghapus koneksi VPN yang telah disimpan, tekan "Tombol Windows", ketik View Network Connections, pilih "Settings", dan klik "View network connections". Selanjutnya klik kanan pada Koneksi VPN yang akan dihapus dan pilih "Delete" untuk menghapusnya.

Cara Menggunakan VPN Di Windows 8 f

Demikian info dan penjelasan dari saya mengenai Cara Menggunakan VPN Di Windows 7 Dan Windows 8 .Jangan lupa baca juga tentang bagaimana Cara Menggunakan VPN Di Android supaya lebih menambah wawasan kita tentunya. Semoga bermanfaat bagi semuanya.
loading...
×
loading...