-->
skip to main content

Tips Dan Cara Melepas Ban Mobil Sendirian

Ditulis Oleh Pada
loading...
Tips Dan Cara Melepas Ban Mobil Sendirian ~ Salah satu pengetahuan dasar bagi yang suka melakukan perjalanan jauh adalah mengetahui cara melepas ban mobil secara sendirian. Disaat situasi yang tak terdugan, pemilik kendaraan harus dapat melepas ban mobil sendirian.

Tips Dan Cara Melepas Ban Mobil Sendirian

Dengan mengetahui langkah-langkah dalam melepas ban mobil ini berguna disaat mengalami ban kempes di daerah jalan yang sepi dan daerah terpencil, sehingga memaksa untuk melepas dan mengganti ban secara sendirian.

Langkah-langkah, Tips Dan Cara Melepas Ban Mobil Sendirian :


  1. Menepilah ke tempat yang rata dan aman.
  2. Amankan mobil Anda dengan cara menarik rem tangan, bila posisi Anda berada di daerah tanjakan atau turunan, ada baiknya ganjal roda dengan menggunakan benda seperti kayu ataupun batu.
  3. Sebaiknya nyalakan hazard lamp dan pasang segitiga pengaman beberapa meter dibelakang mobil untuk memberikan informasi kepada pengendara lain untuk jaga jarak dan berhati-hati karena kendaraan Anda sedang bermasalah.
  4. Sekarang Anda siapkan dongkrak, kunci roda, dan ban cadangan Anda.
  5. Buka penutup roda jika memang ada, kemudian longgarkan semua baut-baut yang ada, putar baut menggunakan kunci roda kearah yang berlawanan dengan jarum jam. Longgarkan baut tetapi jangan sampai terlepas.
  6. Setelah itu, pasang dongkrak pada mobil, tempatkan dongkrak pada tempat yang sudah disediakan seperti dalam buku manual, dongkrak hingga ketinggian yang bisa memudahkan Anda melakukan pelepasan ban mobil.
  7. Setelah roda terangkat, lepaskan seluruh baut-baut yang ada dan letakkan baut ditempat yang aman dan masih bisa Anda jangkau.
  8. Setelah terlepas baut-bautnya, Anda tinggal menarik ban tersebut dari mobil Anda.

Bagi pengemudi mobil, kemampuan untuk melepas ban mobil sendirian adalah wajib. Jangan sampai merasa panik bila mendapati ban kempes di tengah jalan lantaran tidak bisa melepas dan mengganti ban mobil kempes.

Pria atau wanita dan tua atau muda, harus tahu tentang langkah-langkah melepas ban mobil. Walaupun tidak kuat untuk melepas baut ban mobil, akan tetapi minimal tahu cara dan langkah melepas ban ban mobil.demikianlah Tips Dan Cara Melepas Ban Mobil Sendirian .semoga bermanfaat.
loading...
×
loading...