-->
skip to main content

Rahasia Cara Mengatasi Demam Panggung

Ditulis Oleh Pada
loading...
Rahasia Cara Mengatasi Demam Panggung ~ Demam panggung biasa dialami oleh para musisi pemula yang baru mengecap satu atau dua kali manggung dan tak menutup kemungkinan musisi yang sudah sering manggungpun kadang masih mengalami hal seperti ini. Ini terjadi karena kurangnya persiapan diri sebelum tampil didepan banyak orang.

Demam panggung juga bisa terjadi karena musisi itu memiliki trauma ketika berada diatas panggung. Sehingga ia merasa ketakutan ketika menghadapi banyak orang. Demam panggung lebih bnyak menimpa anak-anak namun tak sedikit juga orang dewasa yang mengalami ini.Oleh karena itu kali ini kami akan mencoba untuk mengulas penyebab dan Rahasia Cara Mengatasi Demam Panggung, simak selengkapnya dibawah ini:

Rahasia Cara Mengatasi Demam Panggung

Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita adalah untuk mencoba, karena di dalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil

( Mario Teguh )

Penyebab Demam Panggung


Penyebab kita demam panggung adalah pengalaman kita kurang dan keberanian menaklukan hati sangat minim. Kita kadang kurang berani berlatih, apabila suatu saat ditunjuk untuk berbicara dalam even -even kecil, misalnya, pentas seni tingkat RT, Karang Taruan, atau perkumpulan yang ruang lingkupnya di daerah sendiri. Kadang kita masih melemparkan pada orang lain, padahal hal itu kesempatan emas yang dapat menjadi pembelajaran bagi kita untuk mengembangkan ilmu dan belajar menentang ketakutan yang ada diri sendiri.

Masalah kemampuan dan takut salah kadang jadi sumber mencari alasan untuk menghindar untuk tampil. “Saya gak siap, takut salah, minder dan deg-degan serta grogi dilihat orang banyak,” kata mereka. Banyak deh alasan. Nah.. kurangnya pengalaman tersebut menjadi penyebab utama demam panggung.
Ciri – ciri Demam Panggung!

Ciri-ciri orang demam panggung adalah tangan berkeingat, jantung berdetak kencang, perasaan tak tenang, rasa gelisah tinggi, ingin buang air terus-menerus, pipi merah dan lain –lain.

Cara Mengatasi Demam Panggung!


1. Persiapan Sebelum Manggung

Kurangnya persiapan diri terutama karena minimnya latihan. Demam panggung muncul karena anda merasa tidak percaya diri dengan kemampuan sendiri, ketidakpercayaan ini muncul karena anda sadar kemampuan anda belum begitu baik. Jadi perbanyaklah latihan anda sejak dini. Misal jika anda seorang drummer, lakukan pemanasan dan latihan jauh hari sebelum hari H. Berlatih tidak hanya ketika berada di studio, tapi ketika dirumah dengan melakukan teknik – teknik kecil dan latian – latian kecil untuk memantabkan performa anda. intinya perbanyaklah latihan dirumah, jika anda seorang gitaris dan keyboardist lakukan hal yang sama juga.

2. Perbanyak Jam Terbang

Demam panggung memang akan terus anda alami namun jika sudah sering manggung kuantitas demam panggung yang anda rasakan bisa berkurang. Hal itu karena anda sudah merasa terbiasa.
“BISA KARENA BIASA”

3. Positive Thinking

Jangan bebani pikiran anda dengan berbagai gambaran buruk tentang performa diri anda, tetaplah berprasangka baik tentang performa diri anda dan santailah jangan terburu-buru berspekulasi. Karena yang menentukan bagus tidaknya penampilan adalah penonton.

4. Ketenangan

Berdoa juga menjadi kunci ketenangan diri anda. Pasrah dan berdoalah dengan apa yang sudah anda perjuangankan dan lakukan selama latihan. Dan ingatlah segala sesuatu yang terjadi di dunia ini ada karena seijin Tuhan.

Persiapan Ketika Akan Naik Panggung!


  • Sebelum mulai naik keatas panggung atau di saat menunggu nomor urut manggung Tenangkan diri dan pikiran diri kamu dengan doa dan pernafasan relaksasiatau mengambil nafas dalam dalam.
  • Minumlah dahulu air putih saat menunggu nomor urut manggung .karena menurut penelitian air putih dapat menetralisir pikiran.
  • Lakukan gerakan gerakan yang membuat tubuh anda tida kaku seperti melemaskan otot dan pemanasan kecil seperti akan ber olah raga.
  • Lakukan gerakan yang atraktif seperti berjlan jalan atau bertukar posisi dengan teman anda ketika berada di atas panggung, hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa malu anda terhadap penonton.
  • Anggaplah anda seakan-akan anda yang terbaik dan panggung itu dibuat khusus untuk anda

Demikianlah sedikit informasi dari kami mengenai Rahasia Cara Mengatasi Demam Panggung , semoga anda berhasil mengatasinya !!
loading...
×
loading...