-->
skip to main content

5 Manfaat Tersembunyi dari Buah Tomat Bagi Kesehatan

Ditulis Oleh Pada
loading...
Manfaat Tersembunyi dari Buah Tomat Bagi Kesehatan ~ Tomat adalah buah serbaguna yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Mereka sangat baik bagi kesehatan jantung, dan dapat melindungi tubuh dari serangan kanker. Selain itu, ternyata tomat juga memiliki beberapa manfaat tersembunyi bagi kesehatan tubuh. Berikut ulasannya seperti dilansir HowStuffWorks.

Manfaat Tersembunyi dari Buah Tomat Bagi Kesehatan

5. Menjaga kesehatan tulang

Tomat berkontribusi terhadap kesehatan tulang dan dapat menjaga pembuluh darah Anda tetap feksibel. Buah merah ini juga akan memberikan asupan vitamin K sebesar 18% untuk setiap cangkirnya.

Kekurangan vitamin K dapat ditandai dengan memar pada kulit. Vitamin K disimpan dalam jaringan lemak dalam tubuh dan dapat menopang kalsium dalam tulang Anda.

4. Menurunkan tekanan darah

Sebagai sumber dari kalium sitrat, tomat dapat membantu menurunkan tekanan darah. Dengan memberikan 11,4% dari kebutuhan harian Anda akan kalium, tomat adalah salah satu buah yang sangat baik untuk menurnkan tekanan darah dan juga bagus untuk yang sedang diet.

3. Menurunkan kolesterol

Beberapa phytocompounds, seperti lycopene yang terdapat dalam tomat dapat membantu memerangi kolesterol jahat (LDL) dan juga dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL). Bahkan ketika tomat dijadikan bahan masakan, lycopene yang terdapat di dalamnya tidak akan menghilang atau pudar. Sehingga mengonsumsi makanan yang berbahan dasar tomat sangat baik untuk menurunkan kolesterol.

2. Membantu menjaga mata tetap sehat

Penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula memiliki hubungan erat dengan pola makan. Dan tomat yang kaya akan senyawa, vitamin dan mineral dapat memberikan kontribusi untuk membuat mata tetap sehat.

Dengan kandungan vitamin E, A, dan C yang tinggi, serta tembaga, tomat adalah sayuran yang tepat untuk menjaga mata tetap sehat.

1. Manfaat dari Lycopene

Seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa tomat adalah sumber terbaik dari senyawa lycopene. Senyawa ini dapat membantu tubuh melawan penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Selain itu, lycopene dipercaya dapat membantu memerangi penyakit pankreas dan kanker prostat serta beberapa penyakit lainnya.


Demikianlah artikel mengenai beberapa Manfaat Tersembunyi dari Buah Tomat Bagi Kesehatan yang telah Kami berikan untuk sobat sekalian. Semoga bermanfaat.
loading...
×
loading...