-->
skip to main content

Cara Hidup Sehat Yang Baik Dan Alami Dengan Murah Meriah

Ditulis Oleh Pada
loading...
Mau tahu Bagaimana Cara Hidup Sehat Yang Baik Dan Alami Dengan Murah Meriah ?? ~ Mungkin saja kita tertarik untuk hidup lebih sehat, atau memperbaiki kebiasaan makan dan olahraga – tapi bisa jadi kita kabur duluan melihat berbagai diet yang jauh berbeda dari kebiasaan kita dan hampir tidak mungkin dilakukan sehari-hari, seperti pantang gula, garam, gorengan atau nasi. Olahraga pun tampak berat melelahkan dan makan waktu di tengah kesibukan yang tinggi.

Cara Hidup Sehat Yang Baik Dan Alami Dengan Murah Meriah
Gambar diagram Cara Hidup Sehat Yang Baik Dan Alami Dengan Murah Meriah

Berikut beberapa tips dan Cara Hidup Sehat Yang Baik Dan Alami Dengan Murah Meriah bagi pemula – tidak muluk-muluk, tetap bisa dilakukan, tapi dapat memberi hasil yang baik :


Asosiasikan makanan ‘berdosa’ dengan efek buruknya.

Ingat saat-saat setelah makan mi goreng instan, perut terasa begah dan bau di mulut tidak hilang-hilang? Atau setelah makan gorengan berminyak, tenggorokan terasa tidak enak? Selalu asosiasikan/hubungkan makanan tidak sehat dengan efek buruk yang dirasakan oleh tubuh. Kalau tubuh sudah memberi tanda-tanda negatif, pikiran pun juga harus dikondisikan demikian.

Masak sendiri.

Di restoran, tidak ada pelanggan yang tahu baiknya kualitas bahan dan seberapa brutal si koki menambahkan mentega, garam, gula dan penyedap rasa ke dalam masakan – gizinya dapat dipertanyakan. Saat kamu masak sendiri, kamu bisa mengontrol kualitas bahan masakan serta jenis dan banyaknya bumbu yang dibubuhkan.

Perbanyak sayuran saat makan besar

Cobalah untuk menambah porsi sayuran dalam makanan. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 41 tahun 2014 menganjurkan masyarakat remaja dan dewasa mengonsumsi 400-600 gram sayur dan buah, dimana duapertiganya mencakup porsi sayur. Tidak suka sayur? Cobalah memulai dari yang rasanya bisa ditolerir, mungkin seperti jagung muda atau jamur, dan dilanjutkan ke sayur-sayur lainnya. Sayur cepat basi saat disimpan di rumah? Sayuran beku (frozen vegetables) bisa menjadi alternatif untuk menyimpan sayur dalam waktu lama.

Jangan pakai piring yang terlalu besar.

Piring yang besar dapat meningkatkan porsi makan, karena seolah saat piring belum penuh, porsi makan belum cukup.

Saat haus, minum air putih saja.

Seringkali kita tergoda untuk minum minuman manis seperti teh, soda atau kopi, tetapi kandungan gula yang tinggi membawa banyak risiko untuk kesehatan. Air putih tetap menjadi pelepas dahaga terbaik untuk tubuh. Untuk meningkatkan kebiasaan sehat dan supaya tidak tergoda minuman manis yang dijual dimana-mana, bawalah botol air minum saat beraktivitas.

Banyak bergerak dalam aktivitas sehari-hari.

Bepergian dengan jarak kurang dari 1 kilometer? Jalan kaki saja. Naik 1-2 lantai saja? Pakai tangga, bukan elevator. Kuncinya adalah sering menggerakan tubuh dan menggunakan otot dengan lebih aktif. Bisa dihitung sebagai olahraga kecil saat tidak sempat nge-gym.

Cari latihan-latihan olahraga di internet.

Internet sekarang menyediakan apapun, mulai dari infografis latihan kardio sampai video tutorial senam. Untuk yang tidak sempat pergi ke gym atau merasa tidak kuat ikutan latihan-latihan di klub kesehatan, berolahraga dengan referensi internet bisa jadi pilihan – karena selain gratis, lengkap dan dapat dilakukan di rumah saja, kecepatan kemajuan latihan bisa disesuaikan dengan kemampuan diri.

Jangan ngemil saat nonton/main HP.

Saat perhatian kita sedang teralihkan, kita bisa jadi tidak sadar seberapa banyak makanan yang sudah kita konsumsi. Kalaupun ingin makan sambil menikmati film, buah-buahan bisa menjadi pilihan.

Dapatkan dukungan dari semua pihak.

Tidak ingin saudara membawakan sekotak donat saat kamu sedang menjaga pola makan? Pastikan orang-orang dan lingkungan di sekitar mengetahui dan mendukung upayamu untuk hidup sehat. Dukungan dari teman-teman, keluarga sampai pasangan dapat menguatkan niat untuk menjadi lebih baik. Tidak hanya di situ saja – kamu juga bisa meng-unfollow akun-akun junk food di Instagram, dan follow akun-akun gaya hidup sehat dan olahraga, supaya tidak tergoda.

Tidur yang cukup.

Tidur yang cukup dan nyenyak dapat memberi lebih banyak energi untuk tubuh, menambah konsentrasi dan mengurangi nafsu makan berlebih. Pastikan untuk tidak banyak begadang (apabila tiada perlunya…)

Demikian tips serta Cara Hidup Sehat Yang Baik Dan Alami Dengan Murah Meriah, dan mudah-mudahan, tidak terlalu sulit.Selamat mencoba!dilansir dari freemagz .com
loading...
×
loading...