-->
skip to main content

Cara Mudah Membuat Email Baru (Tutorial Bergambar)

Ditulis Oleh Pada
loading...
Sampai saat ini masih banyak sekali orang yang masih kurang paham / tidak tahu bagaimana cara nya untuk membuat / mendaftar email baru. Baik itu mau digunakan untuk mendaftar facebook , twitter, youtube, wechat , untuk account playstore hp android, untuk camfrog dan lain-lainnya.Sebenarnya sangat mudah untuk membuat email baru, Akan tetapi masih banyak orang yang mengalami kesusahan dalam membuat yang biasanya dikarenakan berbahasa inggris.

Untuk membuat / mendaftar email baru kita bisa memilih penyedia email gratis yang paling populer diantaranya adalah :

  1. Google mail ( email gratis yang diberikan oleh google, yang biasanya lebih dikenal dengan nama @gmail.com
  2. Yahoo mail ( email gratis yang diberikan oleh yahoo, yang emailnya biasanya lebih dikenal dengan nama @yahoo.com / @ymail.com
  3. Microsoft mail ( email gratis dari microsoft yang biasanya lebih dikenal dengan nama @hotmail.com / @live.com / @outlook.com)

Dari ketiga penyedia email gratis tersebut menurut pengalaman saya, Lebih baik menggunakan Google mail untuk mendaftar email baru .Selain menyediakan spasi ruang simpan sebesar 15gb, Gmail saya rasa lebih aman dari serangan hacker dibandingkan penyedia email yang lainnya. Sekedar untuk diketahui bahwa email yahoo akan dinonaktifkan jika tidak pernah dibuka selama 6 bulan. Beda dengan Gmail dan Microsoft mail.

Saya akan coba uraikan secara mendasar bagaimana cara membuat email baru tentunya dengan cepat dan mudah karena sudah saya sertakan dengan gambar ( Gmail, Hotmail dan juga yahoo mail) silahkan simak dibawah ini :

Cara membuat / mendaftar email baru di Gmail ( google mail / @gmail.com)


Sebelum membuat email baru di gmail lebih baik persiapkan dulu nomor handphone yang akan digunakan untuk mendaftar. apa gunanya nomor handphone itu ? selain untuk mendapatkan kode konfirmasi, nomor hp tersebut juga sangat diperlukan jikalau suatu hari anda lupa password email Gmail anda.jadi mempersiapkan nomor hp sangatlah penting.tentunya anda tidak mau bukan kalau suatu hari anda lupa password / email anda kena hack lalu anda kehilangan data data penting anda ?.

Pertama kali anda pergi ke link berikut untuk mendaftar / membuat email baru gmail :

https://accounts.google.com/SignUp?service=mail&continue=https%3A%2F%2Fmail.google.com%2Fmail%2F&hl=en

Kalau sudah, maka anda akan melihat tampilan halamannya sebagai berikut [lihat gambar dibawah ini], di gambar tersebut sudah saya sertakan bagaimana cara pengisian form pendaftaran email gmail nya dan juga hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam mengisi form nya


cara membuat / mendaftar email baru di gmail - cara mengisi form
cara mengisi form pendaftaran email di gmail


Apabila ada sms dari google yang berisi kode aktifasi, jangan lupa dicatat karena itu sangat penting untuk proses aktivasi akun email anda .



Jika sudah klik " NEXT STEP" maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini :

Klik  "Next Step" Lagi :

Kemudian Klik "Continue to Gmail" untuk menuju ke dashboard / halaman utama email anda . tampilannya seperti di bawah ini [lihat gambar]



cara membuat / mendaftar email baru di gmail - tampilan halaman utama gmail
tampilan dashboard / halaman utama email di gmail

Sekarang email baru Gmail anda sudah siap digunakan :) .
Anda bisa pergi ke link http://mail.google.com untuk Login / membuka email gmail anda.

Permasalahan yang sering terjadi saat mendaftar / membuat email baru di Gmail adalah [Lihat gambar] :



cara membuat / mendaftar email baru di gmail - permasalahan yang sering terjadi

cara membuat / mendaftar email baru di gmail - error yang sering terjadi



Cara membuat / mendaftar email baru di yahoo ( @ymail.com / @yahoo.com)


Syarat penting untuk membuat email baru di yahoo adalah sama dengan di Gmail. siapkan nomor telepon anda.
Pertama kali anda harus pergi ke link dibawah ini untuk membuat / mendaftar email baru di yahoo :
https://mail.yahoo.com


maka akan muncul tampilan halaman seperti ini [lihat gambar] :


Setelah klik 'Create New Account' , mucul tampilan seperti dibawah ini [lihat gambar], Saya sudah sertakan cara mengisi form pendaftaran email yahoo nya beserta hal hal apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat email baru di yahoo ini:



cara membuat / mendaftar email baru di yahoo - cara mengisi form
cara mengisi form pendaftaran email di yahoo

Jikalau sudah klik 'Create Account' maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini[lihat gambar] maka anda disuruh mengisikan captcha .

Selanjutnya setelah klik 'submit' , apabila berhasil membuat email baru di yahoo akan muncul tampilan halaman seperti dibawah ini yang bertuliskan 'your account has been succesfully created' yang berarti bahwa akun email yahoo anda sudah berhasil dibuat.

Tampilan dashboard / halaman utama email yahoo :



cara membuat / mendaftar email baru di yahoo - halaman utama yahoo mail
tampilan dashboard / halaman utama email di yahoo


Cara membuat / mendaftar email baru di hotmail ( @hotmail.com / @outlook.com )


Pada dasarnya cara membuat email di hotmail ini sama dengan apa yang saya terangkan sebelumnya diatas Untuk melakukan pendaftaran email hotmail silahkan pergi ke link dibawah ini :

https://signup.live.com

Langsung aja dilihat di gambar di bawah ini :

cara membuat / mendaftar email baru di hotmail - cara mengisi form 1
cara mengisi form pendaftaran email di hotmail 1


cara membuat / mendaftar email baru di hotmail - cara mengisi form 2
cara mengisi form pendaftaran email di hotmail 2



Apabila sudah sukses membuat / mendaftar email di hotmail , maka anda bisa login ke halaman utama email anda di :

https://login.live.com

Apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat / mendaftar email baru baik itu gmail, yahoo mail / hotmail :


  • Usahakan membuat nama email yang belum pernah dibuat oleh orang lain.Misalnya anda akan membuat email andri@gmail.com akan tetapi error dan tidak bisa untuk dibuat karena sudah ada yang membuatnya terlebih dahulu maka anda dapat mengakalinya dengan menambahkan angka dibelakangnya misalnya andri998@gmail.com atau anda bisa menambahkan underscore di dalam nama yang akan anda buat contoh : andri_novit@gmail.com .
  • Buatlah password yang kuat dan yang mudah untuk diingat.dalam membuat password untuk email haruslah terdapat satu huruf besar, satu huruf kecil dan lebih baik lagi apabila disisipi dengan sebuah symbol.Panjang password minimal 8 karakter .misalnya : Andrianov1t# .
  • Jika ada sms yang berisi kode aktivasi dari pihak penyedia email gratis baik itu dari google, yahoo maupun microsot  haruslah dicatat karena kode itu akan digunakan untuk konfirmasi kepemilikan email.
  • Gunakan nomor telepon punya anda sendiri kalau bisa saat mendaftar email baru. Atau gunakan nomor telepon orang yang benar benar bisa anda percaya. ini bertujuan untuk menghindari kena hack / pencurian email anda.
  • Dan yang terakhir Jangan pernah berbagi email anda dengan orang lain.
  •  

Demikian penjelasan saya mengenai cara cepat dan mudah membuat / daftar email baru lengkap dengan gambar. Semoga berguna untuk semua yang memerlukan informasi nya.Kalau ada pertanyaan seputar membuat email baru ini silahkan komen di bawah.
loading...
×
loading...